ChrisPertamakali mengenal nama Chris Manusama saat menyimak album Dasa Tembang Tercantik Lomba Cipta Lagu  Remaja Prambors yang ke 2 tahun 1978 lewat lagu karyanya bertajuk “Kidung” yang masuk 10 Besar.Lagu “Kidung” yang bernuansa folk akustik itu dinyanyikan oleh Bram Manusama,Dianne Carruthers dan Chris Manusama sendiri.Di luar dugaan,ternyata lagu Kidung mendapat respon bagus dari penikmat musik.Lagu bertema humanis religius ini saat itu hampir tiap hari mengudara di Radio Prambors Rasisonia yang bermarkas di seputaran Menteng Jakarta. Saat itu lagu Kidung akhirnya terpilih sebagai Tembang Tersayang karena banyak disukai pendengar radio.Liriknya memang menyentuh :

Tak selamanya mendung itu kelabu.

Nyatanya hari ini kulihat begitu ceria
Hutan dan rimba turut bernyanyi pula.

Membuat hari ini berseri

Dunia penuh damai.

 

Di tahun 1979 lagu karya Chris Manusama masuk lagi dalam dereta Dasa Tembang Tercantik Lomba Cipta Lagu Remaja Prambors yang ke tiga tahun 1979 berjudul Kehidupan.

Di tahun 1979,untuk pertamakali saya menyaksikan penampilan Chris Manusama di atas panggung.Saat itu, saya masih bermukim di Makassar.Chris Manusama tampil bersama Warung Kopi Prambors di Gedung Olahraga Mattoanging Ujung Pandang antara lain menyanyikan lagu Kidung yang tengah booming serta lagu “I Only Want To Say (Getshemane)” dari album opera rock Jesus Christ Superstars.Lagu yang dinyanyikan Ian Gillan vokalis Deep Purple terasa memiliki jiwa saat dinyanyikan Chris Manusama hanya diiringi petikan gitar elektrik  yang dimainkannya sendiri.Saya terperangah.Chris Manusama memang memiliki jiwa rock.Tapi dia mampu menulis lagu yang teduh seperti Kidung.

Dua tahun berselang, Chris Manusama datang lagi ke Makassar melakukan konser bersama beberapa pemusik lainnya.Saat itu saya berkesempatan mewawancarai Chris Manusama yang saat itu nginap di sebuah hotel yang terletak di jalan Gunung Bulukunyi Makassar.Chris Manusama banyak bertutur tentang ikhwal dirinya termasuk keterlibatannya dalam beberapa kelompok musik rock baik di Bandung maupun Jakarta.

Di tahun 1974-1975 Chris Manusama tergabung dalam kelompok trio yang dibentuk Deddy Stanzah (vokal,bassist) serta drummer Yaya Moektio.Menurut Chris saat itu Tripod membawakan lagu Queen “March of The Black Queen”. Di lain waktu Chris Manusama yang handal bermain gitar diajak oleh almarhum Micky Michael Merkelbach bergabung dalam band Alcatraz.Usia band ini memang tak lama.

Di tahun 1976 Chris Manusama ikut bergabung dengan band rock Hookerman.Musik yang digeluti Chris Manusama memang menjuntai dari satu grup rock ke grup rock lainnya.

Chris Manuel Manusama yang dilahirkan 25 Desember 1952 di Subang Jawa Barat.Mengikuti tugas sang ayah yang anggota kesatuan militer,membuat Chris sempat pula tinggal di Ambon,Maluku.Di saat berusia 9 tahun,Chris telah kehilangan sang ayah Jan Manusama yang meninggal dalam keadaan mengapung di Sungai Halmahera dalam Perang Permesta. 8 tahun berselang Chris Manusama kehilangan sang ibu Yohanna Manusama yang meninggal dunia di Bandung .

Setelah mendukung Suara Persaudaraan di tahun 1985, Chris Manusama mulai mengarahkan kegiatannya di sekitar gereja.Chris mulai menulis lagu-lagu bertema religius antara lain “Kasih” yang dinyanyikan duo kakak beradik Lydia dan Imaniar di paruh era 80an.Di tahun 1985 Chris mulai membina rumah tangga dengan menikahi Yoty Henny Rumahlewang.

 

Kini ayah dari dua putra ini dikenal sebagai pendeta GBI (Gereja Bethel Indonesia Rock Church di Ambon.Kegiatan kerohaniaan Chris Manusama terbilang padat, antara lain mondar mandir antara Ambon,Jakarta dan Belanda.

Walaupun demikian saya masih sering berkomunikasi dengan Chris Manusama melalui Blackberry atau sesekali ketemu Chris secara tak disengaja di sebuah mall di kawasan Senayan Jakarta. Chris Manusama tetap sosok yang murah hati dan penuh senyum.Rambutnya telah memutih tanpa selembar pun yang berwarna hitam.Di tahun 2006 saat Chris Manusama berada di Jakarta pernah saya ajak siaran di FeMale Radio, sayangnya waktu Chris Manusama di Jakarta sangat pendek karena dia harus terbang ke Belanda.Akhirnya siaran bareng Chris terpaksa dibatalkan.

 

 

 

Advertisements