Nama Lengkap      : Idris Sardi

Tanggal Lahir        : 7 Juni 1938

Meninggal Dunia  : 28 April 2014

 

Dijuluki si biola maut dan menghasilkan banyak karya dalam dunia rekaman hingga penata musik untuk film-film layar lebar Indonesia.Idris Sardi tak pelak lagi seorang maestro musik Indonesia yang mampu memainkan genre musik apa saja di sepanjang karir musiknya.

idris-sardi-2

Ketika masih berusia  enam tahun, Idris telah mulai menggesek  biola . lalu saat berusia  sepuluh tahun Idria sudah mendapat sambutan hangat pada pemunculannya yang pertama di Yogyakarta tahun 1949. Boleh dikataks sardi n sebagai anak ajaib untuk biola di Indonesia, karena di usia muda sekali sudah lincah bermain biola.

Tahun 1952 Sekolah Musik Indonesia (SMIND) dibuka, dengan persyaratan menerima lulusan SMP atau yang sederajat. Pada tahun 1952, Idris Sardi baru berusia 14 tahun, sehingga ia belum lulus SMP, namun karena permainannya yang luar biasa ia bisa diterima sebagai siswa SMIND tersebut. Bersama temannya yang juga pemain biola, Suyono (almarhum) namun bukan anak ajaib, yang lebih tua 2 tahun merupakan dua orang siswa SMIND yang berbakat sekali.

Pada orkes slswa SMIND pimpinan Nicolai Varvolomejeff, tahun 1952 Indris yang masih memakai celana pendek dalam seharian duduk sebagai concert master pada usia 14 tahun, duduk bersanding dengan Suyono. Rata-rata siswa SMIND berusia di atas 16 tahun.

Guru biola Idris waktu di Yogyakarta (1952-1954) adalah George Setet, sedangkan pada waktu di Jakarta (setelah 1954) adalah Henri Tordasi. Kedua guru orang Hongaria ini telah mendidik banyak pemain biola di Indonesia (orang Hongaria adalah pemain biola unggul).

Advertisements