Nama Lengkap                    : Saiful Bahri

Tempat Tanggal Lahir       : Payakumbuh Sumatera Barat 19 September 1924

Meninggal Dunia                : Tokyo Jepang 5  Desember 1976.

Saiful Bahri

Saiful Bahri

Saiful Bahri dilahirka  di Payakumbuh, Sumatera Barat  pada tanggal 19 September 1924, dan mendapat pendidikan di Meer Uitgebreid Lager Onderwijs (MULO), Kayutaman, Sumatera Barat.Disinilah bakat musiknya mulai terlihat.Saiful Bahri kemudian ikut tergabung dalam beberapa kelompok music.

Selanjutnya Saiful Bahri merantau  ke Jakarta.Di tahun 1940 Saiful Bahri terpilih ikut mendukung Orkes Studio Jakarta sebagai pemain biola dan sepuluh tahun kemudian Saiful  menanjak karirnya menjadi  pemimpin Orkes Studio Jakarta selama satu decade mulai dari dari tahun 1950 hingga 1960. Dalam tahun 1960, Saiful Bahri bersama Titiek Puspa, Bing Slamet, Sam Saimun, S. Effendy dan Mochtar Embut telah melakukan lawatan ke beberapa negeri di Malaysia  yang mendapat sambutan hangat.

Saat  berada di Malaysia itulah muncul  ilham Saiful Bahri menulis lagu “Semalam Di Malaya” yang dinyanyikan  S. Effendy .

Daya pikat  Malaysia yang begitu kuat ,lalu membuat  Saiful Bahri memilih untuk berkarir di  Malaysia. Di negeri jiran ini Saiful tak hanya menulis lagu  “Semalam Di Malaya” tapi juga sederet lagu-lagu lainnya seperti  “Senjakala”, “Surat Tak Bernama”, “Kenangan Masa” dan “Fajar Harapan”.

Saiful Bahri pernah menyanyi dan berperan  dalam film  bertajuk “Terimalah Laguku” (1952) serta dibintangi pula oleh Raden Ismail dan Titi Savitri. Di Studio Merdeka Malaysia,Saiful Bahri juga menulis music score film dengan menggunakan nama Surya Buana pada  film “Jauh Di Mata” (1964) yang dibesut sutradara arahan Fred Young dan dibintangi oleh Abdullah Chik dan Sofia Ibrahim. Saiful pun ikut tampil bernyanyi. a. Saiful Bahri meninggal dunia di Tokyo, Jepang pada tanggal  5 Desember 1976.

 

Advertisements