Nama Lengkap                    : Christophorus Soebiantoro

Nama Populer                      :  Kris Biantoro

Tempat Tanggal Lahir        :  Magelang 17 Maret 1938

Meninggal Dunia                 : Jakarta 13 Agustus 2013

Kris Biantoro adalah seniman serba bisa Indonesia.Kemampuannya mulai dari menulis lagu,bermain band,menyanyi,melawak,bermain film hingga Master of Ceremony terdepan negeri ini.

Pada saat  kuliah Universitas Atmajaya, bersama rekan-rekannya dengan sukarela di kirim ke Irian Barat. Itilah awal Kris mejadi relawan selama enam bulan, dalam pembebasan Irian Barat atau Operasi Trikora, hingga mendapat gelar kehormatan Veteran Pembela Kemerdekaan. Kecintaannya di dunia seni juga dibarengi dengan kecintaannya terhadap tanah air dan bangsa.

Tahun 1963 Kris Biantoro bersama band yang dipimpinnya Lokananta merekam sebuah EP atau album mini bertajuk Dondong Opo Salak pada label Irama milik Soejoso Karsono.Dondong Opo Salak adalah lagu karya Kris Biantoro.

Dalam kurun  1964-1971, Kris Biantoro menetap di Australia karena mendapat tawaran untuk menjadi staff di KBRI Autralia. Di Australia inilah Kris Biantoro bertemu dengan seorang wanita Vietnam yang kemudian dipersuntingnya. Dia sempat menjadi penjual roti di Australia karena kehidupannya yang kurang beruntung menjadi pesiunan staf KBRI Australia..

Di tahun 1971 Kris kembali ke tanah air dan mulai menggeluti dunia hiburan dengan menjadi MC Kuis di TVRI arahan dari Ani Sumadi.Tahun 1973 Kris Biantoro bermain film bersama Lenny Marlina dengan judul Si Manis Jembatan Ancol.Tahun 1975 Kris Biantoro diajak Eddy Sud bergabung dalam Kwartet Jaya bersama Mang Udel Purnomo. Di tahun 1977 sosok Kris Biantoro kembali berjaya di dunia musik ketika lagu Mungkinkah karya M .Sani yang dinyanyikannya berhasil menjadi hits besar.

Kris Biantoro juga dikenal sebagai bintang iklan terlaris antara paruh era 709an hingga 80an.

Kris Biantoro sebagai model iklan sabun cuci Rinso

Kris Biantoro sebagai model iklan sabun cuci Rinso

Advertisements