Helmie Indrakesuma

Helmie Indrakesuma

Nama Lengkap     : Helmie Indrakesuma

Tanggal Lahir        : 13 Desember 1958

Wafat                     : 10 Februari 2013

 

Helmie Indrakesuma adalah salah satu anggota dari kelompok Chaseiro yang terbentuk di kampus Universitas Indonesia pada tahun 1978.Nama Chaseiro yang merupakan akronim dari inisial para anggotanya itu Candra Darusman,Helmie Indrakesuma,Aswin Sastrowardoyo,Edwin Hudioro,Irwan Indrakesuma,Rizali Indrakesuma dan Omen Norman Sonisontani itu merupakan hasil otak atik huruf yang dilakukan Helmie Indrakesuma.

Kelompok vokal yang pernah menjadi juara pertama Lomba Vokal Group yang diadakan Radio Amigos Jakarta pada tahun 1978 kemudian mulai menapak karir secara profesional dengan merilis album debut di tahun 1979 bertajuk Pemuda lewat label Musica Studios. Di tahun yang sama Helmie Indrakesuma mulai pula merintis solo karir dengan ikut bernyanyi pada album Pagelaran Karya Cipta Guruh Sukarnoputra 1 tahun 1979.Di album itu Helmie menyanyikan lagu karya Guruh “Kenang Kenangan”.Secara bersamaan Helmie pun menyanyikan lagu karya Junaedi Salat dan Roni Harahap “Masa Pancaroba” untuk album soundtrack film “Puber” yang musiknya dikerjakan oleh Junaedi Salat dan Roni Harahap.

Ketika Chaseiro mulai vakum pada pertengahan era 80an, Helmie membentuk band bernama Hydro yang juga merupakan akronim inisial nama pendukungnya yaitu Helmie,Yuke Sumeru,Dewa Budjana,Rudy Subekti dan Ocon.Band ini hanya main di kafe dan pentas pentas pertunjukan tanpa menghasilkan sebuah album rekaman pun. Helmie juga sempat mendukung album Spirit di tahun 1987.

Bersama Chaseiro Helmie mendukung sebanyak 6 album yaitu Pemuda (1979); Bila (1979); Vol. 3 (1981); Ceria (1982); Persembahan (2001); dan Retro (2011)

Helmie Indrakesuma menghembuskan nafas terakhir pada 10 Februari 2013 karena serangan jantung

 

Denny Sakrie

Advertisements