Ade Hamzah

 

Nama Lengkap      : Teuku Rachmatsjah Hamzah

Tanggal Lahir        :  29 September 1964

Meninggal              :    8 Juli 2012

 

Pemusik berdarah Aceh ini memiliki musikalitas yang tinggi mulai dari instrumentalis hingga songwriter.Bergabung dalam berbagai band dan sempat menjadi jinglemaker untuk iklan-iklan radio dan TV.Ade Hamzah a mulai mengenal alat music guitar ketika berumr 4 tahun.Dia mendapatkan dasar-dasar bermain giitar dari sang  ibu , yang bisa memainkan beberapa alat musick Ketika berumur 7 tahun  Ade mengikuti
kursus guitar di Yamaha Music School – Jl. Hayam Wuruk, Jakarta dengan guru Ireng Maulana. Pada tahun 1973, Ade  mengikuti kursus gitar klassic di Yayasan Musik Indonesia dengan guru Danny Tumiwa. Pada tahun 1974,atas saran guru dan orang tuanya,Ade mengikuti Festival Gitar Se-Indonesia, dan mengambil kategori Pop.Ternyata Ade  berhasil masuk final, walaupun hanya mendapatkan gelar Juara Harapan. Selanjutnya Adea mulai bermain dari cafe ke cafe sebagai gitaris  berbagai group band.
Di tahun 1986, Ade Hamzah  berpindah instrument dan lebih sering tampil sebagai bassist. Lalu di  tahun 1987, Ade bergabung dengan Hydro Band, yang saat itu ber anggotakan Helmie Indrakesuma, Ronald Pandjaitan, Dewa Budjana dan Rudi Subekti. Selanjutnya Hydro Band tampil regular di tempat-tempat seperti Captain Bar – Mandarin Oriental, Lobby Bar – Sahid Jaya Hotel, Topaz Music Lounge – Wisma Bakrie, dan beberapa tempat lainnya. Di  tahun yang sama, saya bergabung di Cipta Swara Audio Production yang digawangi oleh Candra Darusman,Omen NSS, dan Helmie Indrakesuma.  Ditempat ini Ade mengaku  memulai karir sebagai jingle maker secara tidak sengaja. Selain mengerjakan musik untuk iklan di Cipta Swara, Ade Hamzah  juga menjadi arranger, komposer, recording engineer,vokalis, dan juga sebagai dubber.  Awal tahun 90-an Ade diajak  bergabung dengan Audiensi Band yang di gawangi oleh Donny Hardono, dan di awali dengan tampil di acara Melodi Memori – RCTI..Tahun 1997 Ade  mengundurkan diri dari posisi sebagai bassist Audiensi.Selanjutnya Ade bergabung mendukung Chaseiro. Tahun 2008 Ade Hamzah membentuk Orkes Kasih Sayang bersama  Irvan Farhad (Vokal) – Mean Sibarani (Bass) , Aisyah Adjani (Drummer) dan  Achmad Ananda (Additional Guitar).Di kelompok yang dikontrak oleh EMI Record ini Ade justeru kembali bermain gitar.

Tanggal 8 Juli 2012 usai bermain dengan Chaseiro di Bandung,Ade Hamzah berpulang kerahmatullah akibat serangan jantung.

Denny Sakrie

Advertisements