Dibentuk  di Bandung 1969

Anggota

Alam

Utte M Thahir

Alfred

Ibung

Soleh Sugiarto

Deddy Dorres

J.Sarwono

Dave Tahuhey

Kiky

Choquie Hutagalung

Ferry Atmadibrata

Machyul

Djoko Juwono

Chossy Pratama

Freedom of Rhapsodia adalah band rock asal Bandung yang memiliki pesona pada era 1970an.Selain tampil membawakan lagu-lagu rock di panggung-panggung pertunjukan,Freedom of Rhapsodia juga merilis sejumlah album rekaman walaupun mereka harus melakukan kompromi dalam menyajikan musiknya.Dalam rekaman,Freedom juga membawakan lagu-lagu pop yang sentimental.

Bermula dengan menggunakan nama Rhapsodia pada akhir dasawarsa 60an, terdiri atas  Alam (vokalis),Ibung (drums),Alfred (gitar),Sondang (organ) dan Utte M Thahir (bass).Band ini sempat beberapa kali berganti personil hingga akhirnya masuk Deddy Dorres (gitar,organ,vokal) dan Soleh Sugiarto Djajadihardja (drums,vokal).

Tahun 1972 Awie dari Purnama Record Jakarta tertarik merilis rekaman Rhapsodia.Band Bandung ini lalu menandatangani kontrak rekaman dengan Purnama Record.Rhapsodia akhirnya melakukan kompromi,mereka tak sepenuhnya membawakan lagu bernuansa rock.Dalam kondisi fifty-fifty Rhapsodia menyanyikan lagu rock dan juga pop melankolik.

Formasi Freedom of Rhapsodia lalu berubah dengan masuknya Dave Tahuhey (gitar),Johannes Sarwono (organ) serta Kiky (drums).

Saat merilis album debut di tahun 1972 Rhapsodia kemudian mengimbuh kata Freedom sebagai jatidiri kelompok menjadi Freedom of Rhapsodia.Kata Freedom itu diambil dari salah satu lagu mereka yang berjudul Freedom.Album debut ini menghasilkan sebuah hits nasional yang hingga kini tetap hijau yaitu Hilangnya Seorang Gadis karya Johannes Sarwono yang dinyanyikan oleh Deddy Dorres.

Freedom of Rhapsodia dari tahun 1972 hingga 1975 telah merilis 5 album di Purnama Record.Beberapa pemusik yang sempat mendukung Freedom antara lain Choqie Hutagalung (keyboards),Ferry Atmadibrata (keyboard),Djoko Juwono (gitar) serta Chossy Pratama .

Di tahun 2010 sebuah label mancanegara Now Again Record merilis album kompilasi lagu-lagu pop dan rock Indonesia era 70an dibawah tajuk “Those Shocking Shaking Days”, salah satu lagu yang tercantum dalam kompilasi ini adalah lagu “Freedom” milik Freedom of Rhapsodia.

Denny SakrieImage

Advertisements