The Minstrel's

The Minstrel’s

Terbentuk di Medan 1973

Anggota      : Fadil Usman

Jelly Tobing

Christ Hutabarat

Iqbal Thahir Mustafa

Achmad “Mamad” Matius

Adi Haryadi

Image

The Minstrel’s adalah salah satu band rock terpanas di Medan Sumatera Utara pada awal era 70an.Sayangnya band ini sering bergonta ganti formasi hingga agak sulit untuk melacak perihal personil The Minstrel’s yang sebenarnya.Tapi pada sekitar tahun 1972, salah satu bassist The Minstrel’s yang cukup popular adalah Adi Haryadi yang berasal dari kawasan  Sibolangit  hingga akhirnya melekatlah panggilan Adi Sibolangit pada lelaki berambut lebat itu.Terlebih lagi ketika Adi hijrah ke Bandung dan bergabung dengan band Giant Step yang dikomandani Benny Soebardja. Dalam formasi the Minstrel’s ada Christ Hutabarat (saxophone) dan Iqbal Thahir Mustafa  (keyboards).

Ketenaran The Minstrel’s yang didukung oleh seorang pengusaha wanita Ny.Sjahniar  Sjahbudin ini kian melejit ketika muncul sederet pemusik yang datangg dari Jakarta dan memperkuat formasi the Minstrel’s seperti Fadil Usman (gitar) yang mundur dari bandnya Ivo’s Group serta Jelly Tobing drummer Otista Band yang diajak Fadil memperkuat The Minstrel’s di Medan.Lalu ada Achmad Matius atau lebih dikenal dengan nama Mamad  bassist dari C’Blues .

Kiprah The Minstrel’s kian mengkilap karena didukung fasilitas dari Minstrel’s, perusahaan yang berkecimpung di dunia promoter dan event organizers yang dipimpin Ny.Sjahniar Sjahbudin itu.

Di tahun 1974 pemain saxophone Chris Hutabarat mengundurkan diri dan akhirnya The Minstrel’s berubah menjadi kuartet.Di tahun 1975 The Minstrel’s akhirnya membubarkan diri ketika Fadil Usman,Jelly Tobing dan Mamad kembali  ke Jakarta.The Minstrel’s sempat merilis satu album di Remaco pada tahun 1975.

Denny Sakrie

Advertisements