Fuad Hasan

Nama Lengkap  Fuad Hasan

Nama Pop          Fuad Hasan

Lahir                    Yogyakarta 24 Agustus 1942

Meninggal          Jakarta  9 Juli 1974

Fuad Hasan adalah salah satu drummer terbaik Indonesia mulai dari era 60an hingga 70an.Musik yang dimainkanya pun beragam mulai dari pop hingga rock.Pemusik turunan Arab ini juga dikenal sebagai penggemar sepakbola.

Mulai bermain drum saat bergabung dengan band Pandawa di tahun 1962 atas ajak Amin Ivo .Setahun berselang Zaenal Arifin mengajak Fuad ikut bergabung dalam Zaenal Combo dan menjadi band pengiring dalam berbagai rekaman maupun tampil di pentas pentas pertunjukan.

Di tahun 1964 bassist Dimas Wahab mengajak Fuad bergabung dalam band Medenaz yang antara lain mengiringi penyanyi pop Ernie Djohan dan Liesda Djohan di album rekaman. Tahun 1965 Fuad bergabung bersama May Sumarna dan Imran dalam band Diselina.Band ini merupakan cikal bakal dari The Steps kelak.

Tahun 1966 hingga 1968 kembali Dimas Wahab mengajak Fuad Hasan menjadi drummer dalam The Pro’s, band yang dibentuk Dimas dan didukung oleh Pertamina.Bersama The Pro’s Fuad ikut mengiringi Bob Tutupoly dan Broeery Marantika di bilik rekaman.

Tahun 1968 Fuad Hasan bertolak ke Eropah, ketika bermukim di Italia Fuad sempat menjadi drummer band Black Bird.

Tahun 1971 Fuad Hasan kembali ke Jakarta dan nongkrong di rumah Keenan Nasution di Jalan Pegangsaan Barat 12 A Menteng Jakarta Pusat.Saat itu Fuad sering ikutan bermain bersama Gipsy Band.Bahkan kerapkali  Gipsy tampil dengan dua drummer yaitu Fuad Hasan dan Keenan Nasution.

Di tahun 1971 Fuad membentuk Abstract Club Band dan mengajak penyanyi jazz Margie Segers sebagai vokalis utama.Di album Abstract Club Band yang dirilis Remaco ini, Fuad tak hanya bermain drum tapi menulis beberapa komposisi lagu seperti Manisku,Angin Selatan ,Pantai Sanur,Malam Sunyi.Fuad pun menulis lagu bersama Margie Segers bertajuk That’s Life.Yang menarik adalah reinterpretasi atas karya Lennon McCartney “Fool On The Hill”. Sayangnya band ini hanya merilis satu album saja dan tak terdengar lagi kiprahnya.

Tahun 1973 Achmad Albar yang baru kembali dari Belanda mengajak Fuad bergabung dalam God Bless, grup rock yang terdiri atas Achmad Albar (vokal),Donny Gagola (bass),Yockie (keyboard) dan Ludwig LeMans.Di tahun 1973 Deddy Dorres mengajak Fuad Hasan mendukung band The Road yang terdiri atas Donny Gagola dan Ludwig LeMans.The Road sempat rilis satu album bertajuk “Tinggal Kenangan”  di tahun 1973 pada label Purnama Record.

Pada tanggal 9 Juli 1974 Fuad Hasan mengendarai sepeda motor berboncengan dengan Soman Lubis, mantan pemain keyboards God Bless untuk pergi latihan bersama God Bless di rumah Keenan Nasution.Naas,pada saat berada di sekitar Pancoran motor yang dikendarai Fuad Hasan dan Soman Lubis mengalami kecelakaan lalu lintas.Motor Fuad remuk tergilas truk.Fuad Hasan dan Soman Lubis akhirnya meninggal dunia.Sebuah tragedi yang menyesakkan dada.

Denny Sakrie

Fuad Hasan

Fuad Hasan (Foto Aktuil)

Advertisements