Golden Wing adalah band Palembang di era 70an yang sempat masuk industri musik Indonesia.Tokoh utama Golden Wing adalah Kasim yang kemudian menuliskan namanya menjadi Karel Simon.

Cikal bakal munculnya Golden Wing bermula dari band yang bernama Pionir yang telah malang melintang di kancah kugiran sejak akhir era 60an.Di  akhir tahun 1970 band Pionir ini bubar.Penyebabnya  karena sebagian besar personilnya memilih untuk melanjutkan pendidikan,  Musiardanis  (drums) pindah ke Yogyakarta,  Ferdinand Tuyu (drums)  pindah ke Jakarta, dan Ismet Soewondo (vokalis)  kuliah  di Fakultas Tehnik Unsri. Sementara Fit Kien (gitar), Karel Cassidy (gitar)  dan Bakar  (bass) bercokol  di  Black Stones. Tak lama berselang  pabrik kecap di Palembang bermerk Tong Hong, berniat membentuk band.Mereka lalu membeli peralatan band komplit seraya  merekrut Fit Kien dan Karel Cassidy. Inilah kisah awal berdirinya  Golden Wing .

Entah kenapa band ini memilih nama Golden Wing sebagai identitas bandnya.Awalnya Golden Wing hanya berstatus sebagai band pengiring saja yang terdiri atas  Fit Kien (lalu ganti nama menjadi Peter Kenn), Kun Lung (Bass), Tarno (drums), dan Karel Cassidy (yang ganti nama menjadi Karel Simon) yang kini tak hanya memetik gitar tapi tampil sebagai vokalis utama

            Di tahun 1972  1973 formasi  Golden Wing  berubah menjadi  Kun Lung (ganti nama menjadi Ikhsan), Carel Simon, Adhi Mantra (keyboard),  Victor Eky (drums) serta Peter Kenn.

 Pada tahun 1974, Golden Wing pun merilis  debut album bertajuk  Mutiara Palembang yang akhirnya menetaskan hits seperti: Mutiara Palembang , Give Me, dan Hanny.Di tahun 1974 Golden Wing dipercayakan sebagai band pembuka konser God Bless yang saat itu didukung oleh Deddy Stanzah m,antan bassist The Rollies dan Happiness.

 Setahun kemudian, di tahun 1975, Golden Wing merilis album Pop Melayu. Di album ini muncullah personil baru yang dating dari Yogyakarta yaitu Areng Widodo.Setelah merilis album Pop Melayu formasi Golden Wing mulai goyah.Adhi Mantra ke Jakarta direkrut Rinto Harahap bergabung dalam band Lolypop.Areng Widodo balik ke Yogyakarta dan membentuk Kelompok Kampungan bersama Bram Makahekum dan Sawung Djabo.

Lalu  Carel Simon bersama  isterinya, Hera Sofyan, dan S. Tarno membentuk  No Wing.Sebelum berpulang pada tahun 2007 Carel Simon lebih banyak merilis album solo beImageing

Advertisements