Koes Bersaudara (Foto Handiyanto)

Koes Bersaudara (Foto Handiyanto)

Koes Bersaudara adalah kelompok musik bersaudara yang terdiri atas Koestono/Tonny (gitar,vokal),Koesnomo/Nomo (drums),Koesjono/Jon (vokal,gitar) dan Koesrojo/Jok (vokal,bass).Mereka adalah putera dari Koeswojo,seorang ambtenaar yang hobi musik berasal dari Tuban,Jawa Timur.

Terbentuk pertamakali di tahun 1960 dengan menyertakan Koesdjono alias John Koeswojo yang paling tua.tapi setelah merilis single pertama di perusahaan rekaman Irama milik Soejoso karsono, John meninggalkan Koes Bersaudara.Sejak itulah Koes Bersaudara berbentuk kuartet.

Koes Bersaudara saat itu tampil dengan pengaruh  musik yang kuat dari The Everly Brothers dan Kalin Twin,dua grup bersaudara yang menampilkan harmoni vokal secara duet.Ini kemudian diterapkan lewat duet vokal antara Jon dan Jok Koeswojo.

Memasuki paruh 60an British Invasion melanda dunia, Koes Bersaudara pun mulai terpengaruh The Beatles.Bahkan Koes Bersaudara juga ikut menyanyikan lagu-lagu The Beatles yang akhirnya membawa mereka masuk ke dalam tahanan di Glodok.

Beberapa hari sebelum terjadi Gerakan 30 September yang dilakukan PKI,Koes Bersaudara dibebaskan dari penjara.Pengalaman pahit yang mereka alami dalam penjara Glodok lalu diabadikan dalam album “To The So Called The Guilties” yang dirilis oleh label Mesra milik Dick Tamimi lewat lagu seperti “Di Dalam Bui”.

Advertisements