Black Brothers

Black Brothers

BlackBrothers01Black Brothers terbentuk di Nabire Irian Jaya pada  tahun 1975.Album perdana mereka rilis pada tahun 1976 oleh PT Irama Tara milik almarhum Nyoo Ben Seng.

Awalnya adalah proses audisi yang dilakukan Andy Ayamiseba dengan menyeleksi 3 band di Papua yaitu Benny Bettaay,Steve Mambor dan Musa Fakdawer dari band PDK di Jayapura.Lalu Jochie Pattipeiluhu dari Pattilapa Bersaudara di Jayapura serta Henky MS dari Martini Band di Biak.Mereka yang terpilih ini lalu disatukan dalam band Iriantos Primitive.Ini terjadi tahun 1974.Setahun kemudian ,band yang sebetulnya merupakan percampuran antara orang Papua,Sangir Talaud dan Ambon ini resmi menggunakan panji Black Brothers.

Black Brothers terdiri atas almarhum Henky Miratoneng Sumanti (gitar/vokal), Benny Betay (bass), Agustinus  Romaropen (gitar),Jochie Pathipeilihiu (keyboard), Amry Kahar (trumpete), Stevie Mambor (drums), ), Sandhy Betay (vokal), Marthy Messet (lead vocal), dan David Rumagesan (saxophone).

Black Brothers dari Papua terbentuk tahun 1974 (Foto Martha Boerhan)

Black Brothers dari Papua terbentuk tahun 1974 (Foto Martha Boerhan)

Black Brothers seolah band bermuka dua.Jika dipentas pertunjukan mereka memainkan funk-rock yang bernuansa Afro American.Namun ketika berkutat di rekaman,Black Brothers  lebih berciri pop walaupun juga melejitkan hits berbahasa Papua dengan aksentuasi funk+rock yaitu “Huambello” ,”Samandoye” hingga “Dewi Kribo”.Sepintas BB nyaris memiripi Osibisa,band Afrika yang menmbaurkan musik rock dan musik Afrika.Lagu BB yang lumayan menarik adalah “Persipura”,yang menyemangati tim sepakbola Papua terutama Timo Kapisa dkk.

Di panggung Black Brothers  pernah bersepanggung dengan trio SAS dari Surabaya.Ityu terjadi pada 28 Desember 1976 di Istora Senayan Jakarta.Lalu dengan rasa percaya diri yang tinggi tanggal 30 Januari 1977 BB bersepanggung dengan band-band Bandung seperti Freedom of Rhapsodia hingga Bani Adam-nya Farid Hardja di Gedung Saparua Bandung.

Black Brothers  bisa dianggap band pembuka jalan bagi sederet band band Papua lainya yang rata-rata menggunakan nama Black.Ada Black Papas,Black Sweet,Black Power,Black Family,Coconut Band hingga Air Mood.

Di tahun 1979 kelompok Black Brothers melarikan diri  ke Papua New Guinea.

Ditahun 80-an Black Brothers  minta suaka politik ke Belanda tanpa alasan jelas. Sejak itu Black Brothers  bermukim di Belanda dan memperoleh kewarganegaraan Belanda.Antara tahun 1983-1984 BB ke Vanuatu ikut mendukung dan membantu Organisasi Papua Merdeka.Lalu pindah ke Canberra,Australia.

Agustinus Rowaropen ,gitaris dan juga vokalis meninggal dunia di Canberra Australia pada 16 Mei 2005.

Lalu disusul dengan berpulangnya Henky MS.Penyanyi dan pimpinan Black Brothers, Hengky Miratoneng Sumanti meninggal di Belanda pada tanggal 19 April 2006 akibat penyempitan zat kapur di punggungnya. Hengky dimakamkan di Manado setelah tiba di bandara Sam Ratulangi Manado pada hari Sabtu 29 April 2006.

Advertisements