Iwan Abdurachman (Dok.Pikiran Rakyat)

Iwan Abdurachman (Dok.Pikiran Rakyat)

Iwan Abdurachman yang lahir 3 September 1947 di Karangnangka, Sumedang, Jawa Barat, ini dalam sejarah musiknya memang tak bisa dipisah dengan kelompok Bimbo.Putera kedua dari delapan bersaudara itu  sejak usia 17 tahun telah menulis komposisi lagu.

Sejak kecil, Iwan telah menunjukkan rasa cinta yang tinggi pada alam dan lingkungannya dengan  sering masuk-keluar hutan dan aktif dalam organisasi Pramuka.Lalu sejak tahun 1964 ia bergabung dengan Wanadri, yakni organisasi penempuh rimba dan pendaki gunung tertua di Indonesia.

Lagu karyanya yang pertama, Balada Seorang Kelana ditulis saat berada  di puncak Gunung Burangrang 25 Desember 1964 .Lagu ini kemudian direkam Trio Bimbo pada album “Mawar Terbiru” yang dirilis Remaco pada tahun 1972.

Karya monumental Iwan Abdurachman “Melati Dari Jayagiri” dan “Flamboyan” dibawakan Trio Bimbo pada debut album mereka yang direkam pada label Fontana di Singapore pada tahun 1971.

Di paruh era 70an Iwan tak hanya menulis lagu itu Bimbo tapi akhirnya bergabung sebagai pemain bass bersama Indra Rivai (keyboards) dan Rudy Soeparma (drums).Di penghujung era 70an,Iwan mundur dari Bimbo dan mendirikan Kali Kausar bersama Wandi Koeswandi dan Indra Rivai,dua pemusik yang banyak mendukung Bimbo pada era 70an.

Advertisements