Oele Pattiselanno (Fotografi 27to15)

Oele Pattiselanno (Fotografi 27to15)

Nama Lengkap        : Julius Sjoerd Pattiselanno

Nama Pop                  : Oele Pattiselanno

Tanggal Lahir           : Malang 22 April 1946

Siapakah gitaris yang tetap setia memainkan jazz dari dulu hingga kini ? Maka jawabannya pastilah Oele Pattiselanno,gitaris berdarah Maluku yang dianggap memiliki citarasa jazz yang mumpuni.Lelaki yang lahir di Malang 22 April 1946 dengan nama lengkap Julius Sjoerd Pattiselanno dibesarkan dari keluarga pemusik.Ayahnya Pieter Pattiselanno adalah seorang pemusik yang tergabung dalam sebuah kelompok musik bernuansa Hawaii.Ayah Oele setiap hari selalu ,memutarkan rekaman dari beberapa gitaris jazz dunia seperti Kenny Burrell hingga Joe Pass.Oele ternyata menyukai jazz yang kerap diperdengarkan oleh sang ayah.Dua adik Oele yaitu Jacky Pattiselanno dan Perry Pattiselanno juga berkarir sebagai pemusik jazz.

Dalam beberapa rekaman jazz yang digagas Jack Lesmana,Oele dan adiknya Perry Pattiselanno sering ikut mendukung.Jack Lesmana ternyata menyukai pola permainan gitar Oele Pattiselanno.

Oele belajar musik terutama jazz secara otodidak.Sejak tahun 1966 Oele telah berkiprah sebagai pemusik professional Tahun 1968 Oele pindah ke Bandung dan rutin bermain jazz di Savoy Homan Hotel. Tahun 1970, Oele menetap di Jakarta. Oele turut membangun  kelompok Jazz Riders bersama Didi Chia dan Sutrisno. Yang bermain di Hotel Indonesia.

Oele Pattiselanno pun ternyata juga bisa memainkan genre musik apa saja misalnya pop.Tapi jazz tetap menjadi prioritas utamanya.Oele pun mengajar di Sekolah Musik Farabi yang dikelola Dwiki Dharmawan.

Oele Pattiselanno memang pantas disemat predikat sebagai gitaris dengan pengaruh swing dan be bop yang kental.Indra Lesmana,misalnya,tetap menginginkan petikan gitar Oele Pattiselanno dalam album soundtrack film “Rumah Ketujuh” (2003),Bahkan kelompok musik indie White Shoes & Couples Company pun meminta padacOele Pattiselanno untuk bermain gitar dalam “Album Vakansi” (2010).

Oele Pattiselanno pernah pula merilis album duet dengan pianis Riza Arshad bertajuk “Talk” (2003).Tapi uniknya,Oele Pattiselanno setelah sekian lama malang melintang di dunia music,baru pada tahun 2007 silam merilis album debutnya bertajuk “Plays Standard” bersama sederet pemusik jazz Belanda yaitu  Peter Ypma pada drum, Ab Schaap (saksofon tenor), Marius Beets (bas akustik), dan Erick van De Lutj (piano).

Jika ditanya siapakah gitaris jazz yang tetap menghadirkan jazz dalam petikan gitarnya ? Jawabannya sudah pasti : Oele Pattiselanno.

Denny Sakrie

Advertisements