Nama Lengkap      : Ermy Maryam Nurjannah Kullit

Nama Pop               : Ermy Kullit

Tanggal Lahir        : Manado 13 Mei 1955

 

Penyanyi jazz ini dilahirkan  dengan nama Ermy Maryam Nurjannah Kullit di Manado              tanggal 13 Mei 1955.

Ermy Kullit kerap dijuluki Ratu Bossanova,dikarenakan album-album bergaya Bossanova yang dirilisnya di era 80-an meledak antara lain dengan hits “Kasih” yang ditulis Richard Kyoto dan “Pasrah” karya Ryan Kyoto.

Mulai menyanyi secara professional ketika dibangku kelas 3 SMP.

Tahun 1973 Ermy memutuskan untuk meniti karir di Jakarta dengan menyanyi di Marcopolo Hotel di kawasan Menteng Jakarta Pusat.Sejak itu kehidupan Ermy berlangsung dari pub ke pub hingga nite club.Ia tercatat pernah menyanyi di Tropicana hingga Copacobana.Jam terbangnya sebagai penyanyi memang bermuasal di kehidupan malam.

Di tahun 1982 Ermy Kullitt bersua dengan Ireng Maulana yang mengajaknya bernyanyi dalam album “Dixie Jazz”.Di tahun 1983, Ermy Kullit bersama iringan Ireng Maulana merilis album Bossas. Kemudian disusul album Cintaku Abadi (1984)  dan  Walau dalam Mimpi (1985) .Lalu Ermy melejit berkat lagu Kasih ciptaan Richard Kyoto yang direkam tahun 1986. Lewat album ini pula Ermy dinobatkan sebagai Penyanyi Jazz Terbaik pilihan angket pembaca tabloid Monitor dan nominasi sebagai album terbaik oleh BASF Award.Tahun 1989,Ermy kembali mencetakhits lewat  karya Ryan Kyoto, “Pasrah” . Tahun 1991, Ermy merilis album kolintang bertajuk O, Ina Ni Keke dengan Rupata Grup. Setahun kemudian, Ermy menghadirkan album Siapa Sangka  digarap Fariz RM,BillyJ.Budiardjo,Candra Darusman dan Purwa Tjaraka.Tahun 1999 Ermy digarap Indra Lesmana dalamalbum   Saat Yang Terindah  yang berhasil mendapat Album Terbaik Kategori Karya Produksi Jazz  dalam Anugerah Musik Indonesia tahun  2000.

Image

Denny Sakrie

Advertisements