Bubi Chen  dilahirkan di Surabaya 9 Februari 1938 ini  adalah pemusik yang gigih bermain jazz hingga akhir hayatnya pada 16 Februari 2012.

Image.

Di usia 5 tahun,Tan Khing Hoo ayahnya, seorang keturunan Tionghoa telah meminta pianis Italia Di Lucia, untuk mengajarkan Bubi bermain piano klasik. Walaupun Bubi kecil  belum bisa membaca, bahkan memahami not balok, Bakat musik tertular dari kedua abangnya yang telah bermain jazz, yaitu Teddy Chen  dan Jopie Chen.

Bubi meraup ilmu jazz secara otodidak. Bubi mengikuti kursus tertulis pada Wesco School of Music, New York, pada kurun waktu 1955-1957. Teddy Wilson adalah salah satu tutornya .Wilson adalah murid dari tokoh swing legendaris Benny Goodman.

Di Surabaya, Bubi Chen membentuk sebuah grup dengan nama The Circle,  bersama Maryono (saksofon), F.X. Boy (bongo), Zainal (bass), Tri Wijayanto (gitar) dan Koes Syamsudin (drums). Bersama Jack Lesmana, Maryono, Benny Mustapha, dan  Jopie Chen, Bubi juga tergabung dalam The Indonesian All Stars, yang sempat   tampil di Berlin Jazz Festival 1967. Sesudah tampil di pentas,  mereka rekaman bersama pemusik jazz Amerika Tony Scott, dan menghasilkan  album bertajuk “Djanger Bali” pada label MPS Jerman Barat.

Bubi Chen pernah membuat rekaman jazz bersama Nick Mamahit, melalui label Irama Record, milik Soejoso Karsono pada paruh dasawarsa 50-an.

Tahun  1959, bersama  Jack Lesmana, Bubi membuat rekaman di Lokananta. Album Bubi Chen bertajuk”Bubi Chen With Strings” pernah berkumandang di VOA (Voice Of America),  dan bahas oleh kritikus jazz asal Amerika Serikat, Willis Conover.

Bubi,  yang kerap dijuluki Art Tatum from Indonesia, juga pernah membentuk Chen Trio bareng kedua abangnya: Jopie dan Teddy Chen di tahun 1950-an. Pada era yang sama, Bubi bergabung dengan Jack Lesmana Quartet, yang kemudian berganti menjadi Jack Lesmana Quintet.

Dalam lima dekade,  Bubi Chen telah merilis  begitu banyak album, di antaranya: Bubi Chen And His Fabulous 5 , Mengapa Kau Menagis, Mr.Jazz, Pop Jazz, Bubi Chen Plays Soft and Easy, Kedamaian, Bubby Chen and His Friends , Bubi Chen – Virtuoso, Jazz The Two Of Us , All I Am, dan sederet panjang lainnya.

Advertisements