Fotografi : Denny Sakrie

Fotografi : Denny Sakrie

Nama Lengkap       : Christian Rahadi

Nama Pop                : Chrisye

Tanggal Lahir         : Jakarta 16 September 1949

Meninggal Dunia   : Jakarta 30 Maret 2007

Dilahirkan dengan nama Christian Rahadi di Jakarta 16 September 1949 dan berpulang pada 30 Maret 2007.Dengan nama Chrisye,lelaki ini dikenal sebagai penyanyi,pemain bass sekaligus penulis lagu.

Suara Chrisye berkarakter kuat karena hampir tak ada yang bisa meniru atau menyamainya. Begitu mendengar senandungnya, kita pun bisa menebak siapa siempunya suara tersebut. Kesamaan lainnya, baik Broery, Benyamin, Farid maupun Chrisye mampu menyiasati pergeseran tren yang sering bergonta-ganti dalam konstelasi musik pop. Mereka luwes berlenggang pada era-era yang berbeda. Jika banyak pemusik atau penyanyi lain yang tersungkur karena hantaman tren yang menggelegak, maka Broery, Benyamin , Farid, dan Chrisye justru menjumput penggalan elemen musik yang tengah mewabah lalu dibaurkan dengan identitas musik mereka sendiri. Tanpa sedikit pun ada kesan pemaksaan sama sekali.

Tepatnya, Chrisye adalah penyanyi yang selalu tepat dalam menafsirkan lagu dari siapa saja. Sudah banyak komposer yang menyodorkan lagu untuk Chrisye, mulai dari Guruh Soekarno Putra, Eros Djarot, Oddie Agam, Rinto Harahap, Dian Pramana Poetra, Adjie Soetama, Younky Soewarno, Andi Mapajalos, Bebi Romeo, Ahmad Dhani, Pongky Jikustik, dan sederet panjang lainnya. Ketika lagu-lagu ciptaan me-reka dinyanyikan Chrisye, atmosfernya lalu berubah menjadi atmosfer Chrisye.

Singkatnya, kemampuan menginterpretasikan karya adalah salah satu titik kekuatan Chrisye, di samping timbre vokal yang khas. Chrisye memang tepat disebut sebagai penyanyi bernapas panjang. Konon, semasa bergabung di Gipsy antara 1969 dan 1973,Chrisye paling sering membawakan repertoar grup brass rock Chicago dan pemusik blues kulit putih John Mayall. Karakter vokalis Peter Cetera dan John Mayall yang mengandalkan napas panjang dalam mendaki lengkingan vokal yang tinggi tampaknya membentuk karakter vokal khas Chrisye yang dikenal orang sekarang ini.

Di tahun 1966 Chrisye tergabung dalam Sabda Nada yang kemudian berganti nama menjadi Gipsy.Di tahun 1973 Chrisye pun ikut tergabung dalam band the Pro’s.Tahun 1975-1977 Chrisye terlibat dalam proyek musik eksperimental Guruh Gipsy.Di tahun 1978 Chrisye bersama Yockie Surjoprajogo,Keenan Nasution,Fariz RM,Oding Nasution dan Roni Harahap membentuk Badai Band.

Denny Sakrie

Advertisements